Tuesday, April 19, 2011

Tips & Obat Tradisional Penurun Panas pada Anak

Ak punya junior jagoan yang masih suka panas demam. Panas itu sendiri bukanlah penyakit, panas biasanya adalah tanda bahwa sesuatu sedang terjadi didalam tubuh. Dan sebenarnya panas sendiri tidak selalu buruk. Panas memegang peranan dalam menolong tubuh untuk melawan serangan infeksi virus atau bakteri. Jadi panas adalah suatu respon tubuh untuk melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh (infoibu.com).

Biasanya, orang tua suka memberikan parasetamol sebagai penurun panas. Ak termasuk salah satunya. Namun, terkadang ak kasian melihat anakku kalo panas diasupi obat2an terus. Karena itu, ak suka coba obat tradisional juga.

Hanya dengan campuran 3 butir bawang merah dicincang tipis kecil2 sambil diremas-remas plus minyak goreng (baru), lalu balurkan Minyak tersebut pada kepala, seluruh badan, kaki, dan tangan si anak. Ulangi sampai panas benar2 turun. InsyaALLAH, Anda tidak perlu membawanya ke dokter. Karena memang bawang merah itu mengandung minyak asiri, sikloalilin, metilallin, dihidroallin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati yang berkhasiat membantu mengatasi batuk, demam, perut kembung, diabetes, dan sebagai obat cacing (sumber: www.blogsehat.com, 2010).

Selain itu, Anda dapat mengurangi panas badan si anak dengan menyuruhnya berendam di air hangat. Karena, jika suhu di luar tubuh terasa hangat, maka tubuh akan menginterpretasikan bahwa suhu di luar cukup panas. Dengan demikian, tubuh anak akan menurunkan kontrol pengatur suhu di otaknya, supaya suhu tubuhnya jangan terlalu panas. Jadi, selain si anak dapat bermain air sekaligus menurunkan panasnya juga, bukan? :)

Silakan dicoba tipsnya bu ^^. Ya, kalo demam anak kita masih bisa diobati dengan cara tradisional, menurutku itu lebih baik mengurangi asupan zat kimia ke tubuh anak kita, kan? kecuali kalo demamnya sudah tinggi & memang harus ke dokter.

Semoga, anak-anak kita selalu sehat & ceria, ya! ^^

No comments: