Wednesday, April 20, 2011

Urap Sayur


Makanan sehat nih! karena isinya sayuran semua :D karena ak orang Sunda, sayur lalap udah jadi kebiasaan. Tapi, ternyata suamiku yang asli Aceh pun bisa juga makan daun.. hehee.. malah dia suka gadoin leunca! tau leunca, kan? ituu, yg warnanya ijo kalo masih muda, udh tua berwarna biru keunguan, rasanya langu.. hmm, pahang kalo kata orang Sunda.
Naaah, skr ak mo nyajikan urap sayur. Sayurnya bisa disesuaikan dengan selera, tapi yg lazim buat urap tuh biasanya bayem, kangkung, kacang panjang, wortel, labu siem ma toge. Kalo suka sayur selaen di atas, boleh juga kok! suka-suka aja.. yg penting, enaak, kan?? ^^

Bahan:

3 tangkai kacang panjang, potong 4 cm
1 genggam toge, buang akarnya
4 bh labu siem kecil, iris bentuk korek api
1/2 butir kelapa parut (tanpa kulit ya, biar putih kelihatannya)
1 ruas jari kencur
1 siung bawang putih
3 siung bawang merah
5 butir cabe rawit
1 sdt garam
1 sdt gula merah
1/2 sdt gula putih
1/2 sdt terasi


Cara membuat:

1. Rebus semua sayur. Tata di atas piring.
2. Haluskan kencur, bawang putih, bawang merah, rawit, terasi & gula merah.
3. Panaskan 5 sdm minyak, tumis bumbu halus. Masukkan kelapa parut, tambahkan sedikit air, biarkan meresap. Masukkan garam & gula putih. Cicipi rasanya. Matikan api.
4. Penyajian bisa dengan cara menaburkan kelapa di atas sayur yang sudah ditata atau semua sayur yang sudah direbus diaduk dulu dengan kelapa (sesuai selera). Kalo ak, lebih suka sayurnya diaduk dengan kelapa karena bumbu lebih menyebar & meresap :)
5. & Masakan siap dihidangkan.

No comments: