Wednesday, December 10, 2008

Kenapa ya keras kepala?

Keras kepala, salah satu sifat yg aku benci. Aku suka heran, knp org bangga sekali punya sifat keras kepala. Mungkin kalo keras kepala utk hal positif, aku bs maklum. Tp kalo sampe tertutup pikiran dlm menerima pendapat org lain meskipun masuk akal, knp itu bs terjadi?
Aku tau, setiap org yg dilahirkan adalah penuh kompetisi. Kita bs hidup di dunia krn kompetisi saat pertemuan antara sel sperma dan sel telur. Kompetisi antar sel sperma shg kmdn lahirlah diri kita ke dunia ini adalah hasil kompetisi. Yg bs hidup, itulah pemenangnya. Tapi apakah kita hrs menjadi keras kepala utk menjadi pemenang?

Memiliki sifat keras kepala cenderung menjadi sombong krn merasa paling benar dan yg lain salah, tak jarang selalu ingin menang sendiri dan tak ada sikap mengalah menjadikan org bertabiat seperti itu tak punya rasa toleransi yg tinggi. Menyebalkan bukan?!

Menghadapi org seperti ini mau tak mau hrs kita yg mengalah, jika tdk pastilah akan terjadi perang dunia ke-3!! Mungkin menyentil rasa sombongnya dg kata2 yg smart dan mengena tapi tdk membuatnya tersinggung akan bikin dia sadar, bagus kalo org itu sampe introspeksi. Knp hrs keras kepala? Knp hrs sombong? Knp hrs mau menang sendiri? Sdgkan di atas bumi masih ada langit, di atas langitpun masih ada langit!

Jika tak berhasil dg cara di atas, diamkan saja biar dia sadar kalo kita tdk setuju dg sikapnya. Hal ini berhasil aku lakukan, jika pasanganku kumat sifat keras kepalanya.

Hmm... Yg paling terakhir dan mulia dlm menghadapi org yg keras kepala adalah dg bersikap sabar. Bsikap sabar, pertanda kita berhasil memiliki sikap toleransi yg tinggi. Selain itu, kita jg berhasil memenej emosi dlm diri kita shg kita tdk ikut2an terperangkap dlm sifat keras kepalanya. Meskipun sikap sabar ini ada batasannya, tergantung seberapa pintar kita menekan batasan tsb agar tetap di jalur yg positif.

No comments: